CO.CC:Free Domain

Tuesday, October 27, 2009

Apakah Islam Liberal atau Islam berpaham Liberal itu ?

Islam artinya menyerahkan diri kepada ALLAH swt atau islam adalah agama yang damai.
Liberal artinya progressif, reform, modern (maju), dan toleransi.Islam Liberal adalah agama yang berkemajuan dlm segala hal, baik ekonomi,technologi dan sciense, serta berakhalq mulia, anti kekerasan, anti diskriminasi, dan menghormati perbedaan2 dalam menafsirkan al quran.Berbeda dengan golongan Islam Fundamentalis atau yang berpaham Konservatif yang sempit atau kolot.


Apa misi & tugas dari Islam Liberal ini?

1.Misi dan tujuan Islam Liberal adalah untuk membawa umat islam kembali kepada umat yang Rahmatan lil'alamin buat semua umat, baik muslim dan non muslim yang pernah tercapai dahulunya. Tugas kami adalah memperbaiki, mengoreksi, atau mereformasi pemahaman2 al Quran dan hadits2 oleh golongan Konservative Fundamentalis yang ternyata gagal membawa umat islam menjadi umat yang damai-sejahtera serta maju ekonomi, technologi, dan sciencenya.

2. Karena Rasulullah saw tidak meninggalkan madat atau surat kuasa kepada sahabat2nya (gol.Islam Sunni) dan keluarga beliau(gol.Islam Syiah), konsekwensinya adalah semua golongan ulama2 berhak menafsirkan al quran dan hadits2., baik gol.Islam konservative maupun Gol.Islam liberal. Islam Liberal memberikan kemerdekaan kepada semua golongan untuk menafsirkan dan memahami al Quran dan hadits2. Islam Liberal menghormati penafsiran2 dan pemahaman2 dari golongan2 lain.Perbedaan2 itu memperkaya islam itu sendiri dan rahmat bagi umat Islam.

3. Islam Liberal menentang pendirian Negara Syariat Islam diskriminasi oleh gol.Islam Transnational konservattif di negara Indonesia. Mendirikan Negara Syariat islam dlm masarakat plural akan berakibat perpecahan antara umat islam dan peperangan dengan umat non islam.Oleh karena itu Islam Liberal menentangnya. Alasan kedua karena tidak ada satu ayat pun dalam al Quran dimana ALLAH memerintahkan kepada Rasul untuk mendirikan Negara Syariat islam, tapi ALLAH memerintahkan atau mentaati peraturan2 pemerintahan Ulil Amri yang pada waktu itu bukanlah Ulil Amri yang islam.Lihat QS.4:59.Yang artinya system Negara yang di inginkan oleh ALLAH adalah sistem Secular Demokrasi,dimana pemerintah dan agama terpisah,dan pemerintah menjamin setiap golongan agama dan setiap keyakinan orang lain, termasuk anti tuhan sekalipun.

4. Meyakini kebebasan beragama dan berkeyakinan. Islam Liberal meyakini bahwa urusan beragama dan tidak beragama adalah hak perorangan yang harus dihargai dan dilindungi. Islam Liberal tidak membenarkan penganiayaan (persekusi),paksaan atas dasar suatu pendapat atau kepercayaan kepada orang lain.

5.Islam Liberal mengutuk "menegakan amar makruf nahi mungkar " dengan tindakan2 kekerasan, merusak property dan membunuh orang2 civil yang tidak berdosa atas nama agama dan ALLAH swt.Islam Liberal mengutuk perbuatan2 suicide atas nama agama islam.

6.Islam Liberal membuka dialog / debat yang sehat dengan semua golongan islam,dan bebas dari tekanan2 dari golongan Islam konservative-Transnational. Sebab perbedaan2 itu akan membawa rahmat bagi orang2 yang berpikir.

7. Islam Liberal mengajak semua orang mencintai orang lain,atau berkasih sayang. dan toleransi dengan perbedaan2, walaupun ada segolongan yang mengaku Nabi,Mujadid,imam setelah Rasulullah saw.Sebagaimana golongan Islam Ahmadiyah. mengakui nabi setelah Rasul,dll.Syiah mengakui imam 12. ALLAH memperingatkan kalau ada orang2 yang memecah agama Islam menjadi banyak, bukanlah urusan kamu.Respond ALLAH menghadapi ajaran2 islam yang di anggap sesat,ulama2 tidak di benarkan menghakim keyakinan orang lain,itu adalah hak ALLAH semata mata.

Sesungguhnya orang orang yang memecah belah agamanya dan mereka terpecah menjadi beberapa golongan, tidak ada sedikitpun tanggung jawabmu terhadap mereka. Sesungguhnya urusan mereka hanya lah terserah kepada Allah, kemudian Allah akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka perbuat.QS.6:159.
Hadits; Kamu belum lagi mencintai ALLAH kalau kamu belum mencitai manusia(baik muslim maupun non muslim) . Kamu belum lagi beriman kepada ALLAH ,kalau kamu belum lagi mencintai tetangga kamu(baik muslim dan non muslim) HR Muslim

Firman ALLAH.
Cintailah tetangga kamu, saudara2 kamu sebagaimana kamu mencintai diri kamu sendiri.
Cintailah musuh2 mu, berkatilah orang2 yang mengutuk kamu, dan berbuat baiklah kepada orang2 yang membenci kamu. Berdoalah untuk orang2 yang menghina kamu dan menghukum kamu. Apabila musuh2 kamu lapar berikanlah mereka roti, kalau mereka haus berikanlah mereka air untuk minum.

Jangan sekali kali kamu mengharamkan keyakinan saudara2 mu,kamu tidak akan di haramkan oleh mereka Dengan hukuman yang kamu berikan, dengan hukuman yang sama mereka akan menghukum kamu balik. Kenapa kamu haramkan keimanan saudara2 kamu, kamu pikir kamu itu siapa bisa bisa menghukum orang lain. kamusemua akan berhadapan di depan ALLAH untuk mempertanggung jawabkan perbuatan2 kamu,kamu semua sama didepan ALLAH. Karena ALLAH yang membuat peraturan2 untuk manusia, hanya ALLAH saja yang berhak men-judge manusia.

Jika kamu membenci saudara2 kamu, kamu sedang berada diruangan yang gelap, sedang berjalan di tempat yang gelap, dan kemudian kamu tidak tahu kemana pergi, akirnya kamu akan jatuh ke lobang yang terhina.

Kalau kamu berindak seperti binatang liar; ceroboh, kasar, melukai orang lain yang tidak sepaham, hati hati, kamu satu sama lain akan saling hancur menghancurkan sampai habis.

Islam Liberal mengutamakan kecintaan kepada semua golongan2 yang di ciptakan oleh ALLAH di bumi ini,dan menjauhi rasa benci dan dendam kepada semua orang.

Source:islamliberal.net

No comments:

Post a Comment